Kamis, 22 September 2016

Apa perbedaan Blog dengan Website?

Perbedaan blog dengan website

Barangkali ada yang pernah bertanya, Apa perbedaan blog dengan Website? Apakah blog dan website benar-benar berbeda, padahal blog dan website bisa terlihat pada bowser yang sama, dengan cara dan rupa yang sama. Lalu apa yang membedakannya? Berikut saya kutipkan penjelasan dari Wikipeda tentang pengertian blog dan website.

Blog merupakan singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sumber : Papuk Wiki
Pada awal munculnya aplikasi Web Log, orang-orang memang lebih cendrung mengisi materi blog mereka dengan konten-konten yang bersifat personal, seperti catatan pribadi, berupa pengalaman, pandangan mereka terhadap suatu permasalahan sosial, politik, budaya, blog banyak berisi cerita, cerpen, artikel dan segala hal yang berkaitan dengan perjalanan hidup si pemeilik blog.

Tapi seiring perkembangan zaman, fungsi dan tujuan blog menjadi lebih luas, salah satunya yang banyak kita temui sekarang adalah mereka yang menjadikan blog sebagai tempat berkarir, blogger menjadi media berbisnis yang serius, para blogger banyak membangun blog yang khusus sebagai publisher iklan untuk mendapatkan bayaran.

Berbicara lebih jauh tentang perbedaan blog dengan website, berikut ini lombok blogger telah mengelompokkan beberapa kriteria untuk memudahkan dalam memahami perbedaan kedua istalah tersebut.

 

Hosting dan Domain

Blog identik dengan hosting blogger.com milik Raksasa Google dengan domain, contoh www.namablog.blogspot.com atau hosting gratis milik wordpress dengan domain, contoh www.namadomain.wordpress.com dari layanan blog wordpress.

Sementara Website, biasanya menggunakan hosting premium yang dibeli dari perusahaan penyedia hosting. Dan ditempat hosting inilah nantinya file dari website akan disimpan dan diakses dengan alamat domain custome yang biasa menggunakan nama perusahaan, organisasi atau individu.

Tujuan

Blog pada awalnya diciptkan untuk keperluan pribadi, seperti mempublikasikan catatan-catatan pribadi, Photo-photo, sharing pengetahuan, pengalaman dan berbagai hal yang bersifat pribadi dan sosial lainnya. Walaupun sekarang ini, blog juga telah banyak beralih fungsi menjadi ladang komersial penghasil Uang yang menjanjikan.

Sementara Website, biasanya diperuntukkan untuk Perusahaan, Organisasi, kantor, sekolahan, dan website biasa digunakan untuk menmapilkan profile perusahaan dan bisnis. Isi Website lebih terkesan formal dabandingkan dengan blog.

Desain Tampilan

Blog biasanya menampilkan daftar tulisan dengan tampilan interface yang sederhana. sementara website biasa memiliki desain template yang lebih bagus dan kompleks. Template yang digunakan para blogger kebanyakan template bawaaan atau template gratis dari pihak ke 3. Sedangkan website biasanya menggunakan template custome, atau template premium yang dibeli dengan harga tertentu.

Isi Materi

Jika suatu perusahaan ingin mejual barang, menawarkan jasa, atau membuat profile usaha mereka, perusahaan tersebut akan menggunakan media Website. Seorang yang ingin menyuarakan pendapatnya tentang suatu permasalahan, biasanya menggunakan media blog. Dari sini kita bisa mengetahui berbedaan Blog dan website dari materi isi. Website biasanya berisi materi komersial, dan blog biasanya berisi tulisan pribadi, walaupun tidak semuanya demikian.

Interaksi Pengguna

Blog biasanya menyediakan kolom Komentar sehingga lebih interkatif dengan pengunjungnya, sementara website sedikit lebih pasif, jarang menyediakan kolom komentar, tapi semuanya tetap kembali pada jenis blog atau website tersebut.

Itu dia beberapa hal yang kita gunakan untuk menjelaskan perbedaan Blog dengan Website. Jika kita coba simpulkan, yang menjadi poin utama dalam mebedakan blog dengan website adalah pada poin Tujuan pembuatan sebuah situs web, Jika untuk tujuan yang bersifat lebih pribadi, maka kita sebut Blog, tapi jika untuk tujuan komersial, kita bisa sebut dengan Website. Bagaimana? Masihkah kurang jelas? mari kita diskusikan lebih jauh pada kolom komentar.

Newsletter

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email.

Masih aktif menulis dibeberapa Blog dan website. Menjadi web designer di Sasambo Desain. Hobi travelling, reading, climbing, camping, hiking, swimming, and boxing

Terimkasih sudah berkunjung ke Lombok Blogger. Budayakan untuk berkomentar yang baik dan sesuai dengan materi postingan, komentar yang terlalu singkat kami anggap Spam dan tidak kami tanggapi
EmoticonEmoticon