Kamis, 06 Oktober 2016

Apakah Backlink Benar-Benar Berpengaruh Pada SEO?


Selama ini, sebagian besar webmaster beranggapan bahwa Backlink merupakan tulang punggung dari strategi  SEO Website. Memiliki backlink yang berkualitas dan  relevan dengan niche blog, adalah sebuah  keuntungan besar, tapi apakah backlink benar-benar berpengaruh pada SEO?

Pada kesempatan ini, Lombok blogger akan membagikan highlight hangout John Mueller's yang membuktikan bahwa biarpun backlink juga memiliki andil pada SEO, tapi bukanlah menjadi faktor utama untuk mendapatakan ranking yang bagus pada mesin pencari Google.

John mueller adalah webmaster Trend analysis yang bekerja pada Google. Pada video hangout Google+, Dia berbagi sebuah contoh website tanpa backlink yang mendapatkan ranking yang bagus pada google. Berikut adalah cuplikan video hangout John Mueller di GooglePlex bersama dua rekannya.


Seseorang bertanya pada menit ke 26 detik ke 3. "Kenapa google menggunakan links untuk menentukan ranking sebuah website, Google seharusnya menggunakan cara yang lain untuk memberikan ranking. Ya, tentu saja google juga melihat faktor yang lain, akan tetapi kenapa google begitu mengutamakan backlink?"

Baca juga tulisan 4 alasan Yang menjadikan blog anda berhak dihalaman pertama google 

Backlink Bukanlah faktor Utama Penentu ranking.



John Mueller menjawab dengan mengatakan " Google menggunakan Banyak faktor selain backlink untuk menentukan ranking sebuah website". Dia bercerita bahwa dia mempunyai seorang teman di Zurich, yang mengelola sebuah website baru, terdiri dari 300 halaman lebih, tidak satupun dari halaman website temannya tersebut yang memiliki backlink, akan tetapi website tersebut terindex dengan baik dan memiliki trafik yang tinggi dari mesin pencari.

Mueller megatakan, Tidak satupun website yang pernah meberikan backlink pada website temannya tersebut, Dia hanya submit sitemap dan memiliki rss feed.

Website akan tetap terindex dan memiliki ranking yang baik tanpa harus memiliki backlink, jadi backlink bukanlah sebuah faktor utama yang harus dikedepankan, ada banyak faktor lain yang menjadi pertimbangan google untuk memberikan ranking pada sebuah website, Mueller menegaskan.

Matt Cutts, salah seorang Software engineer senior di google setahun yang lalu juga pernah mengatakan, bahwa google akan membuang backlink dari algoritma penentu ranking website dari Google. Yandex, Mesin pencari terbesar di Rusia juga telah lebih dahulu membuang backlink dari penentu ranking website.

Kesimpulan : Backlink masih merupakan salah satu faktor penentu ranking sebuah website, tapi bukan faktor yang utama, seperti yang digembar-gemborkan oleh para webmaster selama ini. So, pada akhirnya semuanya kembali kepada konten, sang raja. Selamat blogging.

Newsletter

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email.

Masih aktif menulis dibeberapa Blog dan website. Menjadi web designer di Sasambo Desain. Hobi travelling, reading, climbing, camping, hiking, swimming, and boxing

10 komentar

terima kasih gan atas informasinya, tp kalo sy mah lebih mengutamakan konten gan, karena ada yg bilang Content Is King, Backlink Is Quen

Ya gan setuju, konten is king, tapi tidak selalu backlink adalah queen, (y)

Wahh saya kira berpengaruh banget gan backlink itu hihi

saya awalnya juga menaruh perhatian sekali kepada backlink, sampe2 melakukan banyak hal, black, grey, and white seo :D

Informasi yang bermanfaat banget ini! Supaya nggak ketinggalan emang harus updtae terus dengan perkembangan terbaru seputar blog ya.. Ditunggu info dan tips lainnya lho! :D

Terimakasih sudah berkunjung No La,
ya perkembangan informasi dan teknologi memang sangat pesat, lelet dikit, kita sudah ketinggalan banyak hal :D

semoga bermanfaat

thanks gan infonya sangat membantu. lanjutkan terus :)

ohh jadi backlink tidak begitu terpengaruh yah?
jadi tetep kepada konten yang sangat berpengaruh.. hmmm,-

Dibilang tidak, backlink rasanya masih sangat memberikan efek yang bagus buat ranking, walopun tidak sedahsyat dulu-dulu :D

Terimkasih sudah berkunjung ke Lombok Blogger. Budayakan untuk berkomentar yang baik dan sesuai dengan materi postingan, komentar yang terlalu singkat kami anggap Spam dan tidak kami tanggapi
EmoticonEmoticon