Selasa, 28 November 2017

Pengalaman Menunggu PIN Google Adsense Yang Tak Kunjung Sampai

Pengalaman Menunggu PIN Google Adsense Yang Tak Kunjung Sampai

Salam baik Sobat Blogger, pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman menunggu PIN Google Adsense yang tak kunjung sampai, semoga postingan ini bermanfaat bagi sobat blogger yang baru mulai berkarir menjadi mitra Google Adsense.

Sekitar 4 sampai 5 bulan kemarin, akhirnya lamaran saya diterima oleh Google adsense. Sebelumnya saya pernah coba mendaftar tapi ditolak karna permasalahan konten pada blog saya waktu itu.

Saya mendaftarkan salah satu website yang saya kelola yakni www.sasambotour.com, website yang menjual paket perjalanan wisata Lombok Sumbawa, akan tetapi banyak artikel berupa informasi wisata di halaman blog website tersebut, sehingga saya berinisiatif untuk mencoba mendaftarkannya ke Google Adsense.

Setelah menunggu hampir 3 bulan, akhirnya website tersebut disetujui sebagai mitra google adsense. Saya sempat mengira bahwa lamaran saya tersebut bakal ditolak lagi, karna request saya terlambat direspon.

Pin Google Adsense Dikirim.


Tidak menunggu waktu cukup lama, akhirnya setelah penghasilan google adsense mencapai $10, maka secara otomatis, PIN akan langsung dikirim ke alamat yang tertera di akun Google Adsense.

Saya memasukkan alamat asli di akun Google adsense saya, alamat sesuai dengan data di Kartu tanda penduduk. Awalnya Saya sebenarnya sedikit khawatir karna alamat saya bisa dibilang cukup pelosok di Pulau Lombok.

Dan ternyata benar, setelah menunggu sampai 4 minggu PIN tersebut tak kunjung sampai.

Setelah membaca beberapa diskusi di forum, saya memutuskan untuk pergi langsung ke kantor POS untuk menanyakan kejelasan surat dari Google Adsense tersebut. Waktu itu saya langsung ke Kantor Pos pemeriksa, bukan kantor pos cabang.

Saya langsung menghubungi CS, tapi bukan minta untuk mengecek keberadaan Surat tersebut, karna mereka pasti akan meminta nomor resi yang tidak saya miliki. Akan tetapi saya menanyakan dimana bagian pengiriman.

Setelah sampai ke bagian pengiriman, terletak dibelakang kantor pos, saya bertanya dengan mengaktakan "adakah kartus pos dari Google?"

Benar saja, ada sekitar 3 surat dari Google adsense yang nyangkut, karna pihak Pos kebingungan dengan nama penerima, alamat, ditambah tidak ada nomor telpon penerima yang tertera.

Saya merasa lega melihat tumpukan surat yang keluar dari laci meja bapak pos, tapi ketika bapak pos menanyakan nama saya, ternyata tak tertera di sana.

Sayapun balik kanan dan pamit dengan sopan pada Pak pos, saya dianjurkan oleh beliau untuk memeriksanya di Kantor pos Cabang.

Setelah sampai dikantor pos Cabang, saya mengajukan pertanyaan yang sama, tapi karna Pak Pos sedang keluar mengantarkan barang pesanan, akhirnya saya disuruh datang kembali sekitar pukul 02.00 siang.

Pukul 02.15 Saya sampai di kantor pos cabang, ternyata kedatangan saya sepertinya sudah ditunggu, saya bersemangat, karna saya mengira bahwa surat Google adsense tersebut ada menanti saya, tapi ternyata hanya pesan penghibur yang saya terima.

Pak pos ini ternyata sudah beebrapa kali menemukan kasus serupa, didatangi para Anggota Google adsense menanyakan surat mereka, dan kabar baik yang saya terima adalah, kisah-kisah mereka yang menunggu surat Google adsense sampai 2 bulan baru sampai, langsung mendapat kiriman 2 surat yang isinya sama.

Saya pulang dengan hati yang lapang walaupun tanpa surat, karna saya juga memaklumi, saya menggunakan alamat pelosok negeri yang barangkali sulit dijangkau.

Sayapun akhirnya meminta pengiriman PIN ke-2 di akun google adsense saya.

Setelah 2 Minggu, tak juga sampai, 3 Minggu tambah merana, 4 Minggu, saya kembali sambangi kantor Pos Pemeriksa, ternyata pak Pos lupa, bahwa saya adalah orang yang sama yang bulan kemarin pernah mendatanginya dan beliaupun mengeluarkan surat yang dulu ternyata masih tersita, sayapun pamit, dan diminta untuk memeriksa kantor pos cabang.

Sejarah kembali terulang, dengan langkah pasrah saya pulang. Saya mulai sedikit pesimis, waktu itu penghasilan di Google adsense sudah  mendekati $400.

Saya kembali request untuk pengiriman PIN ke-3, kali ini saya tidak terlalu berharap, saya berencana menunggu 1 bulan kemudian upload KTP sebagai pilihan Terakhir.

Upload KTP Sebagai Persyaratan Verifikasi Akun Google Adsense

Tepat satu bulan setelah request PIN yang ke-3, akhirnya saya upload dokumen berupa KTP ke formulir verifikasi. Formulir ini muncul sekitar 3 minggu setelah request pengiriman PIN yang ke-3.

Tanggal 25 pagi saya upload KTP saya, harap-harap cemas, karna banyak kasus yang saya baca di forum-forum, ada juga yang tidak berhasil dengan cara ini.

Tidak sampai 30 menit, saya mendapat email dari google adsense, memberitahukan Akun sudah aktif sepenuhnya, CEPAT SEKALI,  senangnya bukan main waktu itu.

Siang harinya, saya mendapat email kembali, memberitahukan bahwa saldo di akun Google Adsense ternyata sudah dikirim ke Rekening Bank saya, senang saya menjadi berlipat-lipat. Sebenarnya saya tidak terlalu berharap, karna perkiraan saya, saldo tersebut bakal dikirim tanggal 21 bulan berikutnya.

Waktu itu hari sabtu, dari email yang saya terima, uang akan sampai pada 1-5 hari kerja. Karna sabtu minggu bukan hari kerja, maka saya harus menunggu sampai hari senin. Dan hari senin siang, saldo masuk ke rekening dengan aman, saya tidak terlalu memperhatikan berapa potongan bank waktu itu.

Sayapun kembali semangat nge-blog dan nge-youtube lagi.

Berpa poin yang mungkin bisa dijadikan pelajaran dari Kisah ini, bagi sobat blogger yang baru mulai menggunakan Adsense:
  1. Pastikan menggunakan nama dan alamat sesuai KTP pada akun adsense.
  2. Bersabar, dan tidak perlu ke kantor POS jika PIN google belum sampai, jika surat memang ada dengan alamat yang jelas, maka pasti akan diantarkan sama pak POS.
  3. Selama proses menunggu, jangan menyurutkan semangat nge-blog atau nge-youtube.
  4. Selalu patuhi kebijakan-kebijakan dari Google Adsense.
  5. Jangan lupa sedekah jika uang sudah dikirim.



Newsletter

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email.

Masih aktif menulis dibeberapa Blog dan website. Menjadi web designer di Sasambo Desain. Hobi travelling, reading, climbing, camping, hiking, swimming, and boxing

This Is The Newest Post

Terimkasih sudah berkunjung ke Lombok Blogger. Budayakan untuk berkomentar yang baik dan sesuai dengan materi postingan, komentar yang terlalu singkat kami anggap Spam dan tidak kami tanggapi
EmoticonEmoticon