SEO offpage dan SEO onpage?

Barangkali ada sobat blogger yang masih asing dengan istilah SEO offpage dan SEO onpage? Lombok blogger akan membahas tentang kedua istilah  SEO ini pada tulisan berikut.

SEO Onpage.

Seo onpage jika diartikan dalam bahasa indonesia bisa berarti SEO pada halaman. Ya, SEO onpage merupakan tekhnik SEO yang kita  terapkan dalam ssebuah halaman website. Seperti yang kita ketahui, mesin pencari memeriksa beberapa kriteria dalam sebuah halaman website, untuk memastikan bahwa tulisan tersebut sesuai atau tidak sama standar SEO yang mereka berlakukan. Semakin bagus SEO, kemungkinan blog direferensikan pada hasil pencarian (SERP) teratas juga akan semakin besar.

Pada kesempatan sebelumnya pernah dibahas bagaimana membuat artikel seo friendly pada blogger, pada tulisan ini dibahas tentang bagaimana menerapkan SEO pada artikel blog (Seo Onpage), lihat penjelasan lengkapnya pada tulisan ini, Cara membuat artikel SEO friendly.

Tahun ini, dikabarkan mesin pencari Google telah melakukan update besar-besaran pada algoritma pencarian mereka, belum ada yang tahu pasti seperti apa aturan baru yang diterapkan. Tapi dari para pakar website, dikabarkan bahwa google lebih menekankan pada kualitas konten sebuah website, yang bisa dilihat dari Nilai kunjungan balik, persentase bonce rate, dan jumlah page view per-visitor.

SEO Offpage

SEO offpage bisa dikatan sebagai Teknik SEO yang dilakukan diluar website, untuk meningkatkan trafik kunjungan ke blog, seperti dengan membagikan link blog pada sosial media, situs sosial bookmark, atau ke forum-forum, dengan tujuan agar orang membuka link blog tersebut, yang tentunya akan berimbas langsung pada trafik kunjungan.

Ada banyak teknik seo offpage yang bisa dilakukan, tapi kami sendiri lebih menekankan SEO offpage melalui media sosial, membagikan tulisan secara rutin, manfaatkan forum-frum media sosial yang aktif, dan sesuai dengan niche blog masing-masing, buatlah fanpage sosial media untuk blog guna membantu mempromosikan blog lebih maksimal.

Lihat panduan membuat fanpage facebook sebagai media promosi murah meriah untuk memprmosikan blog dan bisnis secara maksimal pada tulisan Panuan membuat fanpage facebook

SEO offpage identik dengan backlink, semakin banyak link luar yang menuju ke blog atau website kita, berarti SEO offpage yang diterapkan berhasil.

Lebih jauh tentang pengaruh backlink pada blog, pernah dijelaskan pada tulisan sebelumnya, Apakah backlink benar-benar berpengaruh pada SEO?

Mana lebih bagus, SEO offpage atau SEO onpage?

Menerapkan SEO onpage tidak lantas menjadikan blog anda langsung melesat no. 1 dalam hasil pencarian, apalagi buat blog yang mengusung tema-tema populer, ada ribuan bahkan jutaan saingan yang harus dilangkahi. SEO offpage sangat dibutuhkan bagi blog atau website yang masih berumur belia, untuk mempercepat blog atau website mendapatkan ranking pada mesin pencari.

Jadi kesimpulannya, SEO offpage dan Offpage bukan untuk dibandingkan, tapi disandingkan